Proses Akuntansi bank

23.41 Edit This 0 Comments »
Terdiri dari beberapa tahap penyelesaian, yaitu:
  1. jurnal umum
  2. buku besar
  3. neraca saldo
  4. penyesuaian dan kertas kerja
  5. laporan laba rugi
  6. neraca
  7. laporan perubahan keuangan
  8. penutupan buku

  • Jurnal
Jurnal adalah pencatatan transaksi financial yang dilakukan selama periode akuntansi. Jurnal merupakan dasar akuntansi untuk mencatat seluruh kegiatan jual - beli atau transaksi ke dalam buku besar. Jurnal umum atau general journal dibuat sesuai dengan keadaan yang ada pada suatu perusahaan.

  • Buku Besar
Memindahkan seluruh kejadian transaksi ke dalam jurnal dengan masing - masing bagian didalamnya. Pada buku besar pencatatan dilakukan pada akhir periode transaksi.

  • Neraca Saldo
Neraca Saldo menjumlahkan seluruh transaksi yang terdapat pada deber dan kredit, pada bagian ini harus seimbang antara keduanya. Neraca Saldo terbagi atas dua, Neraca Saldo sebelum disesuaikan dan Neraca Saldo yang telah disesuaikan. Penyesuaian ini agar dapat dijabarkan menurut tahap dalam siklus akuntansi.

  • Penyesuaian dan Kertas Kerja
Setiap perkiraan yang ada di laporan keuangan menunjukkan nilai yang seharusnya disusun ke dalam jurnal penyesuaian pada akhir tahun, fungsi dari jurnal ini adalah :
  1. koreksi kesalahan
  2. pemindahan
  3. pencatatan yang masih harus diterima
  4. pencatatan yang diterima lebih dahulu
  5. pencatatan penyusutan
  6. sebagai pencatatan pembukuan
  • Laporan laba Rugi
Bagian dari laporan keuangan suatu perusahaan yang dihasilkan berdasarkan pada suatu periode akuntansi dari penjabaran unsur pendapatan dan biaya - biaya dalam perusahaan sehingga menghasilkan suatu laba ataupun rugi.

  • Neraca
Bagian dari laporan keuangan suatu entitas yang dihasilkan pada suatu periode akuntansi yang menunjukkan posisi keuangan entitas tersebut pada akhir periode tersebut.

  • Laporan Perubahan Keuangan
Laporan yang menunjukkan perubahan untuk periode tertentu, mungkin satu bulan atau satu tahun. Melalui laporan perubahan modal dapat diketahui sebab - sebab perubahan modal selama periode tertentu.

  • Penutupan Buku
Dibuat berdasarkan setelah semua bentuk laporan dibuat dalam suatu periode.

0 komentar: