Analisis Laporan Keuangan

06.47 Edit This 0 Comments »
Modal Kerja

Definisi Modal Kerja
Dana yang diperlukan untuk operasi perusahaan berdasarkan kebijakan dan rencana yang telah ditetapkan sebagai dana yang terikat pada harta lancar yang terdapat pada neraca antara selisih harta lancar dan utang lancar.

Faktor - faktor Mempengaruhi Modal Kerja
  1. Volume Penjualan
    1. Jika volume kegiatan naik maka biaya yang digunakan akan naik mengakibatkan dana yang diperlukan modal kerja naik.
    2. Volume penjualan diukur berdasarkan besarnya penjualan.
    3. Kebutuhan modal kerja ditentukan oleh rencana penjualan.

  2. Siklus Operasi
    1. Tingkat penjualan yang sama semakin lama dana terikat pada unsur - unsur modal kerja, semakin besar kebutuhan modal kerjanya.

Sumber-sumber Modal Kerja
  1. Penambahan Modal Pemilik
  2. Adanya Laba Operasi
  3. Penambahan Utang Jangka Panjang
  4. Pengurangan Aktiva Tetap
  5. Penyusutan

Analisis Perubahan Pendapatan


Merupakan nilai tertinggi yang dapat digunakan oleh organisasi dalam suatu jangka waktu dengan mengharapkan situasi yang sama pada akhir jangka waktu tertentu seperti keadaan semula. Jumlah mata uang meningkat melalui berbagai cara tetapi semua cara tersebut tidak mencerminkan pendapatan. Tambahan jumlah rupiah aktiva perusahaan dapat berasal dari transaksi modal, laba dari penjualan aktiva yang bukan barang dagangan seperti aktiva tetap, surat berharga, ataupun penjualan anak atau cabang perusahaan, hadiah, sumbangan atau penemuan, revaluasi aktiva tetap, dan penjualan produk perusahaan. Dari semua transaksi di atas, hanya transaksi atas penjualan produk saja yang dapat dianggp sebagai sumber utama pendapatan walaupun laba atau rugi mungkin timbul dalam hubungannya dengan penjualan aktiva selain produk utama perusahaan.

0 komentar: